Teknik Menulis Artikel yang SEO Friendly++

Artikel yang baik itu bagaimana dan yang disukai oleh Google itu yang seperti apa? Jawabnya adalah artikel yang SEO Friendly. Tapi tahukah anda teknik menulis posting yang demikian? Nah, ini yang akan dibahas tuntas di sini berdasarkan pengalaman pada beberapa blog yang kami tangani dan telah berhasil menduduki posisi Ranking 1 di berbagai mesin pencari.

SEO Friendly berarti bersahabat dengan mesin pencari atau dengan kata lain mudah terindeks dan berada paling minimal di halaman pertama. Hal ini bisa berhasil jika kita paham betul bagaimana penulisan judul dan isi kontent yang kita tulis. 

Jika dikatakan harus mengandung kata kunci itu sudah pasti, tapi tidak sesederhana itu karena ada banyak yang melakukan demikian tapi malah menuai hasil sebaliknya dimana hasil postingannya terlempar terlalu jauh di urutan yang tidak mungkin orang mengunjunginya. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasannya :

Teknik Menulis Artikel yang SEO Friendly

Telah disinggung sedikit di atas bahwa salah satu faktornya adalah judul, namun selain itu isi pada susunan kata dan kalimat di dalamnya juga haruslah tepat untuk bisa mewujudkan keinginan kita memiliki artikel yang bisa bertengger di halaman 1 google.

1.  Judul Artikel

Jangan mulai menulis kalau belum menentukan bagian ini karena akan menyangkut segala aspek dalam postinganmu. Lebih spesifik penggambarannya maka akan lebih mudah meraih simpati banyak pengguna internet.

a.  Riset katakunci

Sebelum menulis tentu kita sudah menentukan tema apa yang mau ditulis, sebagai contoh soal ‘Blog’. Nah, jika ingin menghasilkan dan membuat judul yang baik maka sedapat mungkin jangan asal menebak saja. Cara yang sering kami lakukan adalah dengan riset kecil-kecilan pada dua tools, yaitu Keyword Planner di Google Adwords dan Mesin Pencari Google sendiri. 

Untuk keyword planner anda mungkin sudah tahu caranya, cukup buka saja aplikasinya dan ketikkan kata kunci tema di atas, selanjutnya akan muncul susunan kata apa saja yang banyak dicari, kalau ‘blog’ biasanya ‘Cara membuat blog’ atau ‘blog menarik’ atau juga ‘cara bikin blog gratis dan keren’ dan sebagainya. 

Jika seadainya malas login dan tidak mau ribet maka cukup buka google.com saja lalu ketik satu kata dari tema tersebut, maka secara otomatis akan muncul secara ‘drop down’ alternatif kalimat, nah itulah yang bisa dijadikan rujukan judul yang baik karena google selalu menampilkan phrase atau kalimat yang terbanyak dicari sehingga jika kita menjadikannya sebagai judul maka sudah barang tentu potensi penghasilannya juga besar.

b.  Menyusun kata tambahan

Jika sudah menemukan kalimat utamanya, misalnya soal ‘facebook’ dan diputuskan menulis judul ‘cara daftar facebook’ maka selanjutnya cari kata tambahan dibelakangnya yang kira-kira orang selalu mengetikkannya di mesin pencari, misal ditambah kata terbaru, tersimple dan sebagainya karena dengan demikian kita akan memperoleh potensi trafik tambahan jika ada orang yang mengetiknya di google.

c.  Jangan berulang

Ini sebenarnya trik SEO terbaru yang didasarkan pada update algoritma yang baru saja release. Maksudnya di sini adalah jika anda mempunyai blog jangan sampai menulis judul artikel yang terlihat berulang, sebagai contoh kemarin sudah menulis ‘resep membuat kue kering’ besoknya lagi menulis demikian dengan hanya ditambah kata-kata baru dibelakangnya seperti enak, renyah, lezat dan sebagainya. 

Jika anda melakukannya maka saat halaman utama blog dikunjungi akan terlihat judul artikel yang hampir mirip, dan bagi mesin pencari google itu adalah tindakan spam yang mana anda dianggap memanipulasi judul agar menghasilkan trafik melimpah. Sebelumnya itu sangat bagus, tapi sekarang tidak relevan lagi. 

Jika ingin tetap melakukannya sebaiknya antarai beberapa artikel dengan judul yang jauh berbeda agar tak terlihat seperti nyepam.


Yang perlu diperhatikan di sini agar artikel yang kita tulis betul-betul SEO Friendly adalah dengan memperhatikan kepadatan dan kerapatan kata kuncinya. 

Jangan sampai tak ada sama sekali yang bisa dibaca oleh search engine atau mungkin malah berlebih dan mengakibatkannya masuk ‘Sand Box’ yang pada akhirnya tak terindeks sama sekali.cara blog masuk halaman pertama google ranking 1

a.  Paragraf pertama dan terakhir

Sebenarnya adalah menulis saja secara natural bisa dan masih mungkin terbaca oleh google, tapi yang jadi masalah jika kita ingin bersaing dengan banyak blogger. 

Maka dari itu pada paragraf pertama atau paling baik antara baris awal hingga kedua sedapat mungkin masukkan kata kunci di dalamnya, bisa mengulang judul tapi bisa juda dengan susunan yang tidak sama tapi maksudnya sama. 

Hal ini dilakukan karena google saat pertama kali merayapi artikel anda ia akan menilai kata yang paling dominan di paragraf pertama, demikian juga di akhirnya ulang kembali karena itu membantu laba-laba google untuk memberi penilaian bahwa artikel yang ditulis sesuai dengan judulnya.

Dalam banyak contoh bisa saja cara SEO di atas tidak dilakukan untuk berhati-hati agar artikel terlihat natural, tapi hanya menulis apa adanya. Nah, untuk itu kita bisa menyiasatinya dengan fokus pada penulisan deskripsi artikelanya yang memasukkan kata kunci tertarget di dalamnya. 

Untuk pengguna blogger sudah tersedia di bagian samping kanan kolom post-nya jika sebelumnya sudah diaktifkan di bagian ‘Prefensi dan Penelusuran’ sedang pengguna wordpress disarankan menggunakan plugin SEO seperti Yoast jika ingin melakukan langkah yang sama.

b.  Sinonim

Sekarang ini, memasukkan keyword berulang-ulang dalam satu artikel sangat berpotensi menyebabkan artikel masuk sanbox dan tidak terindeks sama sekali, jangankan halaman 1, halaman 10 saja tidak mungkin. Untuk itu, kita harus ekstra hati-hati dalam menulis artikel, jangan sampai panjang artikelnya Cuma 300 kata tapi ada 10 hingga 20 kata kunci di dalamnya.

Untuk algoritma google terbaru, minimal 3 kali pengulangan keyword saja dalam satu artikel sudah cukup. Tapi bila ingin lebih baiknya gunakan sinonim katanya saja, misalnya facebook bisa diperkaya dengan kata ‘jejaring sosial’, ‘sosial media’ dan lainnya.

Semakin anda kreatif maka semakin besar kemungkinan artikel anda rank 1 atau paling minimal menduduki halaman pertama. Tapi tentu harus ada bantuan teknik SEO lain untuk membuatnya lebih kuat, yaitu backlink.

c.  Penggunaan Heading Tag

Heading tag, seperti h1, h2, h3 dan seterusnya sebenarnya untuk membantu crawl laba-laba google dalam membaca artikel anda. Semakin baik hirarki tag headingnya maka akan semakin dianggap baik dan serius anda menulis artikel. 

Yang perlu dilakukan adalah atur untuk judul artikel dengan tag h2, sub judul dengan h3, dan seterusnya jika ada tambah sub penjelasan dalam artikel beri dengan tag yang lebih rendah yaitu h4 dan seterusnya.

d.  Penggunaan gambar dan video

Ini juga salah satu teknik seo dalam menulis artikel. Adanya gambar dalam artikel bisa jadi alternatif bagi google jika seandainya tak ada kata yang mengindikasikan bahwa artikel anda membahas sebagaimana judul yang tertera, atau sebagai penguat dari penjelasan yang diulas dalam postingan. 

Demikian halnya video juga dapat menunjukkan bahwa artikel yang disajikan diterangkan dengan baik karena ada bantuan visual yang bisa membuat pembaca lebih mudah mengerti.

3.  Backlink

Terkadang ada banyak sekali artikel yang ditulis para blogger tapi hanya bisa berada maksimal di urutan atau halaman ke-2 google, dan kalau pun bisa masuk pejwan (page one) itu hanya karena kata kunci yang dikejar kurang pesaing atau mungkin yang menulisnya masih sedikit. 

Ternyata bisa dibilang pengaruh ranking suatu artikel 50 hingga 70% dipengaruhi oleh backlink, yaitu tautan dari blog lain yang mengarah ke url artikel anda. Lalu bagaimana membangunnya, berikut kami jelaskan 2 tekniknya :

Internal link

Yang dimaksud internal link adalah tautan yang mengarah ke halaman yang sedang anda tulis yang sumbernya dari blog itu juga. Bisa dari artikel sebelumnya atau mungkin ditempatkan dalam widget artikel pilihan. Semakin baik SERP (Search Engine Rank Page) artikel yang menautkannya maka akan semakin kuat pula posisinya di google. 

Jika anda malas melakukan ini, paling tidak setiap kali menulis artikel baru isi dengan link artikel sebelumnya secara manual karena dengan demikian secara tidak langsung akan memberi suntikan kekuatan link.

Cara yang lebih rumit agar bisa membentuk internal link adalah dengan membuat link melingkar antara satu artikel dengan artikel lainnya dalam sebuah blog. Caranya adalah kelompokkan penautan minimal per 5 artikel dalam blog anda, yaitu dengan melink-kan post terakhir ke yang sebelumnya hingga seterusnya sampai pada 5 post dibelakangnya dan pada yang ke lima dilink-kan lagi ke yang paling terakhir tadi. 

Dengan melakukan ini maka rank Alexa akan cepat naik dan juga pada SERP nya di mesin pencari karena setiap lompatan mesin crawl/laba-laba google pada tautan yang terhubung akan terus menghitung dan jika ia berputar-putar dalam satu blog anda karena teknik melingkar ini maka akan semakin tinggi pula poinnya.

Eksternal Link

Setiap kali selesai posting 1 artikel maka pastikan dishare di media gratis yang ranking-nya tinggi, misalnya ke social media facebook, twitter, atau pun ke social bookmark seperti lintas.me, digg.com dan lainnya yang dofollow agar memiliki nilai lebih dibanding dengan yang tidak melakukannya.

Itulah sedikit ulasan soal Teknik Menulis Artikel yang SEO Friendly yang dapat dijadikan sebagai bahan belajar untuk menghasilakan posting yang lebih berkualitas. 

Namun apa yang diungkap di atas adalah lebih ditujukan kepada bagaimana menulis sesuai yang diinginkan oleh mesin pencari, sedangkan jika ingin lebih menambah nilai jualnya maka pastikan perhatikan juga apa yang disenangi pembaca, terutama ilmu yang dikandung didalamnya valid dan ditulis dengan sangat lengkap dan menggunakan tata bahasa yang enak dibaca.

0 Response to "Teknik Menulis Artikel yang SEO Friendly++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel