Menonaktifkan pembaruan Aplikasi otomatis pada Android

December 28, 2016
Cara mudah menonaktifkan pembaruan Aplikasi otomatis pada perangkat Android
Pembaruan otomatis pada aplikasi adalah sebuah fitur yang memungkinkan Kita untuk tetap uptodate dengan perbaikan terbaru dalam aplikasi yang telah Kita instal. Ini sangat berguna terutama ketika ada update terbaru dari developer aplikasi tersebut, sehingga jika tersedia fitur-fitur yang baru serta berbagai fasilitas lainnya, melalui metode pembaruan otomatis ini  Kita bisa dengan cepat mengetahui apa yang telah disempurnakan pada aplikasi tersebut.

Tapi kadang-kadang, beberapa pengguna tidak menginginkan untuk mengupdate aplikasi mereka sendiri, dengan berbagai alasan. Jika Kita tidak ingin untuk mendapatkan update otomatis, maka yang harus Kita lakukan adalah menonaktifkan pembaruan Aplikasi otomatis pada perangkat Android melalui Google Play.

Dibawah ini adalah tutorial cara mudah menonaktifkan pembaruan Aplikasi otomatis pada perangkat Android

Langkah-langkah penonaktifan pembaruan otomatis
  1. Bukalah Google Playstore. klik ikon Play Store pada home screen ponsel Kita, atau kalau tidak, Kita bisa mengaksesnya melalui layar laci ponsel lainnya.
    Tampilan awal Google Playstore
  2. Mengakses menu. Dengan layar utama terbuka pada Play Store app, geser tepi kiri layar Kita. Maka akan keluar pilihan menu.
  3. Menuju pada Setelan. gulir layar ke bawah kemudian tekan pada menu setelan untuk membuka pengaturan Play Store.
    Menuju pada menu setelan
  4. Menonaktifkan pembaruan otomatis. Tekan pada "Perbarui aplikasi secara otomatis" di bawah tampilan header umum, dan Kita akan melihat beberapa pilihan mengenai fitur update otomatis ini. Terdiri dari tiga pilihan yang perlu Kita ketahui terlebih dahulu
    • Jangan perbarui aplikasi secara otomatis” untuk memperbarui aplikasi secara manual saja.
    • Perbarui secara otomatis kapan saja. Mungkin dikenai biaya data” ini berfungsi apabila ada update terbaru dari pengembang aplikasi yang Kita gunakan, maka secara otomatis aplikasi akan terupdate.
    • "Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-fi", Artinya aplikasi akan update secara otomatis disaat perangkat mulai terhubung dengan koneksi Wi-fi.
      Menu pilihan Perbarui aplikasi secara otomatis
  5. Kita memilih pilihan nomor satu yaitu “Jangan perbarui aplikasi secara otomatis”, sehingga kita tidak akan mendapatkan update otomatis dari penyedia aplikasi.
    Notifikasi pembaruan aplikasi
Pilihan lain yang terkait dengan update aplikasi otomatis ini terdapat pada menu notifikasi di bawahnya, kita bisa unchek pada sub menu NotifikasiPembaharuan aplikasi tersedia” jika tidak ingin mendapatkan pemberitahuan tentang pembaruan dari aplikasi yang Kita gunakan.

Kemudian unchek juga checklist dibawahnya “aplikasi diperbarui secara otomatis” maksudnya bahwa kita tidak akan mendapatkan pemberitahuan apabila aplikasi telah diperbarui secara otomatis, walaupun sebenarnya notifikasi kedua ini sudah tidak berfungsi jika pada langkah kelima diatas sudah kita lakukan.

Demikianlah artikel Cara mudah menonaktifkan pembaruan Aplikasi otomatis pada perangkat Android, apabila ada suatu hal yang perlu ditambahkan maka kawan-kawan bisa memberikan komentar dibawah.

Baca Selanjutnya: Cara menginstal file APK di Android
Previous
Next Post »

3 comments

  1. Wihhhh makaish banget nih infonya..membantuuu

    ReplyDelete
  2. sangat membantu banget gan terimakasih :v

    ReplyDelete