Cara menginstal file APK di Android

December 07, 2016
Cara menginstal file APK pada ponsel Android
Selain menginstal file secara langsung melalui Google Playstore, ada file lain bereksistensi APK sebagai file untuk aplikasi Android yang perlu diinstal secara manual pada ponsel Android, kita harus menginstal file APK tersebut menggunakan File Manager.

File APK ini berguna jika perangkat Android tidak memiliki Google Play Store atau kemungkinan aplikasi tersebut tidak tersedia di Google Play Store.

Alasan lain untuk menggunakan File APK adalah ketika Google Play Store tidak menawarkan aplikasi yang bisa digunakan di wilayah Kita.

Seperti halnya aplikasi game Pokemon beberapa waktu yang lalu masih belum tersedia untuk wilayah Indonesia, namun beberapa kawan sudah bisa memainkannya dengan mendapatkan file game tersebut dengan eksistensi APK.

Langkah-langkah penginstalan
Cara menginstal file APK menggunakan File Manager di Android ialah sebagai berikut:
  1. Mengaktifkan "Unknown Sources / Sumber tidak dikenal", klik menu Setelan dengan menarik layar atas atau secara langsung membuka menu Pengaturan. pada menu tersebut, tekan "Keamanan" Ada kotak centang di samping "Unknown Sources / Sumber tidak dikenal" di menu keamanan. Tekan untuk mengaktifkan "Sumber tidak dikenal" Ini berarti bahwa Kita sekarang dapat menginstal aplikasi yang bukan berasal dari Google Play.
    Cara menginstal file APK di Android
    Mengaktifkan ijin untuk menginstal file yang tidak dikenal
  2. Menyediakan file APK, jika Kita belum memilikinya. Buka web browser pada perangkat Android Kita dan carilah file APK sesuai kebutuhan kita dan tersedia untuk di-download. Tekan link download untuk mendownload APK file pada perangkat Kita. File yang didownload kemudian akan disimpan dalam memori penyimpanan perangkat. Kita dapat mengakses file APK yang sudah Kita download menggunakan Manajer File Kita. Jika teman Kita memiliki file APK untuk aplikasi yang Kita inginkan, Kita juga dapat memiliki dengan mengirimkannya kepada Kita melalui Bluetooth. File APK memiliki batasan pada versi mereka dapat berjalan pada sistem operasi Android. Misalnya, beberapa file APK tidak akan berjalan pada versi sebelumnya dari Android. Pastikan untuk memeriksa pengembang website untuk rincian tentang versi Android APK ini kompatibel dengan.
  3. Buka File Manager. Semua perangkat Android yang belum di instal akan ditemukan pada File Manager app. klik untuk membuka.
  4. Cari folder di mana Kita telah disimpan file APK Kita. Jika Kita download file dari web, cek folder "Unduhan" di File Manager Kita. Jika file APK yang dikirim melalui Bluetooth, lihatlah file tersebut pada folder "Bluetooth".
  5. Tekan folder yang berisi file APK untuk mengaksesnya. Kita akan melihat nama file berakhiran .APK yang tercantum dalam folder.
    Contoh File APK
  6. Sentuh file APK. Layar baru akan terbuka dan tekan tombol Pasang di bagian bawah layar untuk menginstal aplikasi. Ini akan memakan waktu sekitar satu menit, atau tergantung pada ukuran file aplikasi.
    Menginstal aplikasi APK
  7. Menjalankan aplikasi. Layar baru akan muncul setelah instalasi aplikasi selesai. Kita dapat memilih untuk menjalankan aplikasi dengan menekan tombol "Buka" di bagian bawah layar. Jika Kita tidak ingin membuka aplikasi tersebut, klik "Selesai" untuk keluar dari layar.
    Aplikasi sudah terpasang pada ponsel Android
Itulah langkah-langkah untuk penginstal file APK pada ponsel android, jadi meskipun pada perangkat android Kita tidak tersedia aplikasi Google playstore, maka Kita tetap bisa menginstal aplikasi-aplikasi yang kita inginkan yaitu dengan mencari file aplikasi tersebut yang bereksistensi APK, kemudian menginstalnya secara manual melewati file manager. jika ada beberapa kesulitan dalam penginstalan, silahkan berkomentar pada kotak yang tersedia dibawah.

Baca Selanjutnya:
Previous
Next Post »

10 comments