11 Kode pengoperasian ponsel Android

December 30, 2016
Kode Pengoperasian Ponsel Android

Kode-kode pengoperasian pada ponsel Android yang perlu Kita ketahui
Sejak kemunculannya sistem operasi ini langsung menyita perhatian khalayak ramai, khususnya para pecinta tekhnologi yang setiap waktu tidak pernah ingin ketinggalan informasi up to date tentang fitur-fitur terbaru yang dapat memberikan fasilitas sesuai kebutuhan Kita.

Ponsel Android kemudian menjadi pilihan mayoritas masyarakat, betapa tidak, disamping fitur yang tertanam didalamnya cukup lengkap layaknya pada perangkat Komputer, Gadget Android ini juga dikenal cukup friendly bagi semua orang, baik para kawula muda maupun kaum dewasa. Mereka bisa dengan mudah menggunakan menu-menu yang terdapat didalamnya, itu semua karena kode-kode pengoperasian pada ponsel Android tersebut sengaja dibuat sederhana sehingga memudahkan siapapun yang memiliki gadget android.

Disamping menu atau fitur lengkap pada perangkat android ini, ternyata ada beberapa menu yang memang sengaja disembunyikan oleh pengembangnya, itu tidak lain mungkin karena kebutuhan akan kode-kode pengoperasian android tersebut hanya akan digunakan oleh kalangan tertentu yang bekerja dalam jasa perbaikan sistem operasi Android.

Macam-macam Kode Pengoperasian
Dibawah ini adalah kode-kode pengoperasian pada ponsel Android yang harus kita ketahui yaitu:
  1. *#*#4636#*#* berguna untuk melakukan pengujian
    • Informasi telepon, terdiri dari nomor IMEI, nomor telepon, Jaringan yang digunakan, kekuatan sinyal dan lain sebagainya.
    • Informasi Baterai, yang berisi informasi: status baterai, colokan daya, tingkta baterai, skala baterai, kesehatan baterai, tegangan baterai, suhu baterai, teknologi bateri, waktu sejak boot.
    • Statistik penggunaan, informasi tentang aplikasi yang terakhir kali digunakan.
    • Wi-fi Information, berisi tentang informasi: Wi-Fi API, Wi-Fi Config dan Status Wi-fi.
  2. *#*#197328640*#*#  mengecek operator dan jaringan Internet, Kita bisa melakukan pemeriksaan jaringan yang sedang digunakan beserta nama operatornya.
  3. *#*#2664#*#* kode ini berfungsi untuk melakukan pengujian kemampuan layar sentuh pada semua sisi layar secara menyeluruh.
  4. *#0000*# berguna untuk melakukan pengecekan keaslian ponsel kita, apakah perangkat tersebut asli atau replika sehingga kita bisa mengetahui status original ponsel Kita. Biasanya kompatible dengan ponsel merek tertentu
  5. *#*#0842#*#* dengan kode ini kita bisa mengetes getaran dan flashlight ponsel android
  6. *#*#0#*#* Berguna untuk melakukan pengujian pada layar LCD ponsel Android, baik dalam pengecekan warna maupun layar untuk memastikan bahwa layar tersebut dalam keadaan normal atau perlu dilakukan perbaikan.
  7. *#*#1472365#*#* berfungsi untuk melakukan pemeriksaan informasi dan kualitas GPS dan memastikan GPS sudah berfungsi dengan baik.
  8. *#*#34971539#*#* kode disamping untuk mendapatkan informasi tentang resolusi, jumlah megapixel serta hal lain yang berkaitan dengan kamera ponsel Android.
  9. *#*#232331#*#* untuk mengetahui bluetooth ponsel android apakah tetap berfungsi atau sudah rusak
  10. ##0289## atau *#*#0673#*#* berfungsi untuk mengecek audio pada ponsel android dalam keadaan baik atau perlu perbaikan.
  11. *#*#7780#*#*  kode yang terakhir ini berfungsi untuk melakukan Reset Handphone, diharap untuk tidak mencobanya kecuali jika Kita ingin mengembalikan ponsel pada setingan awal atau pabrikan, resikonya adalah seluruh data yang ada pada ponsel akan terhapus dan settingan akan kembali sebagaimana pada setingan awal dari pabrik.
Dari beberapa kode-kode pengoperasian pada ponsel Android diatas mungkin sebagian ada yang tidak bekerja pada ponsel Android dengan jenis merek tertentu, namun kode ponsel android tersebut bisa dicoba pada masing-masing ponsel android  kawan-kawan, kecuali yang nomor 11, karena kode tersebut khusus untuk reset atau mengembalikan ponsel pada setingan awal pabrik.

Demikianlah artikel tentang info kode-kode pengoperasian pada ponsel Android, kode ini mungkin sudah banyak diketahui oleh kalangan pecinta Android, namun mungkin ada kawan lain yang belum mengetahui sehingga menjadi tambahan ilmu baru bagi kita semuanya. 

Baca Selanjutnya: Cara menonaktifkan pembaruan otomatis pada Android
Previous
Next Post »

1 comment

  1. wahh sipp nih. saya malah baru tau kalau ada kode2 gituan
    makasih ya bro, mau langsung saya coba :D

    ReplyDelete