9 langkah agar situs Kita diindeks Google

Dalam artikel ini kita akan berbicara tentang dua proses penting awal dalam hal perayapan dan indeks halaman web yang mengarah pada situs yang ditampilkan dari hasil pencarian. dipandang penting oleh Google, dan sejauh tidak pencarilainnya telah melampaui tingginya popularitas danpreferensi pengguna Google.
9 langkah agar situs Kita diindeks Google
9 langkah agar situs Kita diindeks Google
Apakah Perayapan itu?

Mesin pencari melakukan perayapan dengan merujuk kepada browsing halaman tertentu di web. Jika Kita memiliki situs yang baru saja diluncurkan, Google bot akan merayapi (Crawling) situs web halaman untuk mengetahui keberadaan halaman situs tersebut pada web.

Dan sebenarnya, pekerjaan bot itu tidak diakhiri dengan perayapan saja. Namun mesin pencari juga akan mengindeks halaman.

Apakah pengindeksan itu?

Setelah bot melakukan perayapan pada halaman, mesin kemudian menambahkan halaman pada daftar halaman perayap lain yang memiliki kategori yang sama. Proses ini dikenal sebagai pengindeksan.

Seperti halnya Dalam sebuah buku, Kita akan menemukan bahwa isi artikel akan tersusun secara sistematis dan diatur menurut kategori, kata, referensi, dll dalam bentuk indeks atau daftar. Hal ini berfungsi untuk membuat pembaca dapat menemukan dengan tepat apa yang mereka cari dalam buku.

Demikian pula halnya dengan mesin pencari, mesin tersebut memiliki indeks atau daftar isi halaman yang dikategorikan dalam berbagai cara. Sebenarnya bukan hanya halaman kita saja yang akan terindeks Google, namun halaman lain yang persis juga akan terindeks, dan nantinya akan ditampilkan ketika ada pengunjung melakukan pencarian sesuai minat halaman yang ingin dicari.

Ketika pengguna memasukkan kueri penelusuran pada Google search, Google dengan cepat melewati indeks ini untuk menilai halaman mana tepat untuk diambil dan dihasilkan pada indeks Search Engine. Dengan bantuan algoritma matematika yang rumit, Google mampu memutuskan mana hasil pencarian setiap halaman yang harus ditampilkan.

Catatan: Mungkin halaman cache ini kembali tidak identik dengan halaman yang baru saja berubah pada website Kita, namun, ketika Kita menambahkan konten baru dan memberikan akses mudah atau mendaftarkannya pada mesin pencari, mesin akan merayapi dan mengindeks halaman Kita lagi untuk mengambil versi terbaru dari halaman web Kita dan meletakkannya dalam hasil pencarian.

Dari semua keterangan diatas pasti akan menimbulkan pertanyaan: Bagaimana cara agar Situs kita diindeks oleh Google? Ada banyak cara agar website Kita dirayapi dan diindeks oleh Google bot. Mari kita lihat langkah-langkah di bawah ini:

1. Akun Google Search Console

buatlah akun Google Search Console dan akun Google Analytics. Kirimkan situs Kita pada situs tersebut. Kita dapat memeriksa Statistik perayapan di Google Search Console untuk melihat seberapa sering Google merayapi halaman Kita.

Google Search Console juga memungkinkan Kita untuk melihat dengan persis berapa banyak halaman telah diindeks oleh Google.

2. Ambil sebagai Google

Google Search Console menyediakan pilihan untuk meminta Google untuk merayapi halaman baru atau laman dengan konten yang baru saja diperbaharui. Pilihan ini terletak di bagian bawah perayap dan disebut Fetch sebagai Google.

Ketik Jalur URL dalam kotak teks yang disediakan dan klik Fetch. Setelah mengambil status update untuk sukses, klik Kirim ke indeks. Kita bisa mengirimkan URL individu atau URL yang mengandung link ke semua konten diperbarui. Kita bisa mengirim permintaan URL hingga 500 per minggu, Kita dapat membuat 10 permintaan per bulan.

3. XML Sitemap

Sitemap berfungsi sebagai peta situs untuk mesin bot pencarian, mengarahkan mesin pencari tersebut kepada halaman website Kita. Kita tidak bisa mengabaikan langkah ini, karena dengan cara ini sangat penting situs Kita bisa diindeks oleh Google. Buatlah XML sitemap dan submit sitemap tersebut pada Google search Console.

4. inbound link

Bot mesin pencari dapat menemukan dan mengindeks situs Kita ketika situs web yang sering dirayapi dan diindeks terdapat link kita. jadi Kita perlu untuk membangun kualitas link  pada situs Kita dari situs populer lainnya.

5. Profil Google +

Buatlah profil Google + dan tambahkan linknya pada situs Kita di bagian halaman About / Tentang, Kemudian tambahkan posting ke Google + yang berisi link menuju situs Kita. Karena Google + adalah produk Google, maka Google bot akan memberikan perhatian untuk link ini. Kita juga akan mendapat keuntungan dengan menambahkan profil media sosial populer lain di website Kita.

6. Situs Cepat, Pengindeksan Cepat

Situs yang dibangun dengan loading cepat juga bisa dioptimalkan agar lebih cepat dalam pengindeksan oleh Google.

7. Struktur Link Internal yang baik

Pastikan Juga bahwa semua halaman website Kita saling berhubungan satu sama lain. Terutama jika halaman depan atau home page situs Kita telah diindeks, Pastikan semua halaman yang lain saling berhubungan dengan halaman home page, sehingga setiap halaman akan diindeks juga, usahakan agar pada sebuah halaman untuk tidak meletakkan Link lebih dari 200 link.

8. Menu Navigasi yang baik
Pengaturan Menu Navigasi yang baik akan mampu memberikan kontribusi positif pada struktur link halaman kita. Pentingnya struktur navigasi yang baik bagi pengguna adalah agar halaman kita bisa cepat terindeks sehingga pengguna lebih cepat menemukan halaman Kita.

Tips Cepat: Gunakan Navigasi breadcrumb, salah satu fungsi navigasi ini adalah sebagai peta pemberitahu pembaca sehingga mereka tidak bingung tentang posisi halaman yang sedang dibaca, untuk lebih lengkapnya bisa ditemukan pada mbah Google ya.

9. Tambahkan Artikel baru atau konten segar

Tambahkan konten berkualitas pada situs Kita sesering mungkin. Artikel yang baru akan menarik perhatian mesin bots. Bahkan jika situs Kita hanya pernah diindeks sekali, dengan selalu menambahkan konten yang baru itu sama halnya Kita mendesak bot Google untuk mengindeks situs Kita dengan berulang kali.

Itulah hal-hal dasar yang perlu Kita lakukan untuk memfasilitasi Google bot sehingga melakukan perayapan dan mengindeks halaman kita.

0 Response to "9 langkah agar situs Kita diindeks Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel