Apakah Android dan Ponsel Android itu?

Android kini sudah berusia hampir delapan tahun, dan meskipun si robot hijau ini sudah malang melintang dipasaran smartphone, namun masih banyak orang yang belum tahu apakah Android itu.

Jika kita termasuk ke dalam kategori ini maka kita tidak perlu khawatir; karena Artikel ini akan membahas dengan lengkap sehingga kita bisa memahami apa yang dinamakan Android, apa yang dapat kita lakukan dan di mana mendapatkannya, aplikasi Android, dan permainan yang bisa kita mainkan pada perangkat Android, fitur terbaik yang dapat Kita nikmati dan bagaimana caranya untuk mengupdate pada versi terbaru.
Apakah Android dan Ponsel Android itu?
Berbagai Versi Android

Apakah Android itu?

Android adalah nama dari sistem operasi mobile milik perusahaan Amerika; yaitu Google. Operating Sistem yang paling sering diinstal pada berbagai smartphone dan tablet dari sejumlah produsen serta menawarkan akses pengguna pada layanan Google, seperti Google Search, YouTube, Maps, Gmail dan lain sebagainya.

Ini artinya Kita dapat dengan mudah mencari informasi di web, menonton video, mencari petunjuk arah dan menulis email menggunakan ponsel Kita, seperti apa yang sering Kita lakukan di komputer Kita, tapi ada lebih banyak hal yang menarik pada Android dari contoh-contoh sederhana sederhana diatas.

Apa yang bisa dilakukan oleh ponsel Android?

Ponsel Android sangat disesuaikan dan dapat diubah sesuai dengan selera serta kebutuhan Kita; dengan wallpaper, tema dan launchers yang secara lengkap dapat benar-benar mengubah tampilan interface perangkat Kita.

Kita dapat men-download aplikasi untuk melakukan berbagai macam hal-hal seperti memeriksa Facebook dan Twitter, mengelola rekening bank Kita, memesan barang secara online dan bermain game. Kita dapat merencanakan acara dari kalender pada ponsel Kita dan melihatnya pada komputer Kita atau menjelajahi situs web menggunakan desktop Kita dan mengelolanya di ponsel Kita.

Fitur pentign lain yang Android miliki kita bisa secara otomatis mem-backup kontak Kita dengan ponsel smartphone android kita. Ketika Kita menyiapkan ponsel Android Kita, maka kita diharuskan terlebih dahulu untuk membuat Akun Google atau masuk dengan yang akun lain yang sudah kita miliki. Setiap kali Kita menyimpan nomor telepon pada buku alamat ponsel Android, maka secara otomatis akan disinkronkan pada Akun Google Kita.

Keuntungannya adalah jika Kita kehilangan ponsel, maka semua nomor Kita akan disimpan. Sehingga Lain kali ketika Kita sudah  mendapatkan ponsel Android yang baru dan masuk dengan Akun Google Kita, semua kontak Kita dan nomor teman akan ditampilkan di buku alamat telepon baru Kita dengan segera, jadi kita tidak perlu mentransfer atau mencarinya kembali di tempat lain.

Sinkronisasi adalah cara dari telepon Kita untuk menyimpan semua informasi; misalnya website, kontak, entri kalender dan aplikasi up-to-date lainnya. 

Aplikasi apa yang bisa Kita dapatkan dari ponsel Android?

Ada ribuan aplikasi dan game yang tersedia untuk di-download dari Google Play Store (sebelumnya bernama Android Market). Ada aplikasi kamera yang memungkinkan Kita untuk mengambil gambar dengan efek artistik dan pemutar musik yang memungkinkan Kita untuk mendengarkan lagu secara online dari web atau membuat playlist.

Kita dapat menyesuaikan tampilan handset Android Kita dengan sejumlah wallpaper berdasarkan gambar yang telah diambil sendiri ataupun download dari internet.
Apakah Android dan Ponsel Android itu?
Memutar Spotify dari Android
Sebuah contoh dari widget pada homescreen ponsel Android.  Yang memungkinkan Kita untuk memutar musik dari Spotify tanpa harus membuka aplikasi.

Kita juga dapat men-download sejumlah besar game di ponsel Android Kita, misalnya untuk menghibur Kita selama dalam perjalanan. 

Bagaimana cara mengunduh aplikasi dengan ponsel Android?

Kebanyakan aplikasi-aplikasi Android dapat diunduh dari Google Play Store (sama halnya dengan Apple App Store), yang terdiri dari aplikasi gratis serta aplikasi berbayar yang mana Kita diharuskan membayar untuk mendapatkannya.

Beberapa aplikasi memiliki versi 'lite' yang gratis, dan jika kita ingin menikmati full akses terhadap aplikasi tersebut maka kita perlu meng-upgrade ke versi berbayar penuh. Lainnya – seperti game Angry Birds – itu termasuk game yang gratis, tetapi kita akan ditayangkan iklan sebagai ganti dari versi gratis tersebut.

Akun yang sama juga memungkinkan Kita membackup kontak Kita dan juga dapat memiliki rincian keuangan yang telah ditambahkan ke dalamnya, memberikan Kita kesempatan untuk membeli konten dari Google Play Store secara langsung. Kita dapat membayar baik dengan menggunakan kartu debit maupun kartu kredit.

Ikon Google Play
Ikon Google Play
Meskipun ada lebih dari satu juta aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android di Google Play Store, tetapi beberapa developer memilih untuk membuat aplikasi mereka tersedia untuk di-download hanya berasal dari situs mereka sendiri atau toko aplikasi alternatif. Sehingga jika kita ingin men-downloadnya, Kita harus mengubah beberapa pengaturan pada telepon Kita sebelum mengunjungi situs ini lewat web browser perangkat Android Kita.

Dengan mengunduh aplikasi di luar Google Play Store, Kita beresiko mendapatkan ancaman dalam bentuk pencurian data ponsel kita akan lebih rentan terhadap serangan virus, jadi harus lebih hati-hati jika Kita memilih menggunakan cara ini.

Jika Kita meng-upgrade atau mengubah ponsel Android Kita; login ke akun Google Kita yang dipakai terdahulu dan Kita akan dapat men-download aplikasi yang sebelumnya kita gunakan untuk dimiliki kembali, tanpa dikenakan biaya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google telah memperluas Google Play untuk menawarkan lebih dari sekedar aplikasi, namun juga termasuk dengan buku-buku, majalah, musik dan film tersedia dalam bentuk pembelian dan dapat di unduh dengan menggunakan cara yang sama.

Siapa saja yang membuat ponsel Android?

Setiap handset maker, bebas untuk membuat ponsel Androi. Seperti halnya Motorola, HTC, Samsung dan Sony, Acer, Alcatel, Asus, Huawei, LG dan ZTE semua telah membuat ponsel Android (dan tablet). Blackberry juga meluncurkan ponsel Android pertama, yang bernama Blackberry Priv  pada akhir tahun 2015.

Update Android
Google terus mengerjakan versi baru dari perangkat lunak Android. Namun mereka jarang sekali merilis versi yang terbaru; mereka biasanya memperbaharui versi paling tidak setiap enam bulan sekali atau lebih.

Versi ter-update biasanya datang dengan kode numerik dan nama yang sejauh ini telah bertema permen dan makanan penutup, nama versi tersebut berurutan sesuai abjad.
  • Android 1.5 Cupcake
  • Android 1.6 Donut
  • Android 2.1 Eclair
  • Android 2.2 Froyo
  • Android 2.3 Gingerbread
  • Android 3.2 Honeycomb - Desain OS pertama yang khusus untuk tablet, diluncurkan pada Motorola Xoom
  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich: OS pertama yang berjalan di smartphone dan tablet, mengakhiri konvensi 2.X.
  • Android 4.1 Jelly Bean: Diluncurkan pada Google Nexus 7 tablet Asus
  • Android 4.2 Jelly Bean: pada LG Nexus 4
  • Android 4.3 Jelly Bean
  • Android 4.4 KitKat: Diluncurkan pada LG Nexus 5
  • Android 5.0 Lollipop: Diluncurkan pada Motorola Nexus 6 dan HTC Nexus 9
  • Android 6.0 Marshmallow: Diluncurkan pada LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P
  • Android 7.0 Nougat: Launching pada HTC dikabarkan 'Marlin' dan 'Sailfish'

Versi terbaru, Android Marshmallow, bertujuan untuk membuat OS yang lebih user-friendly, dengan peningkatan daya tahan baterai dan lebih banyak kontrol atas aplikasi Kita. 
Berbagai Versi Android
Versi turun temurun Android
Tablet android

Seperti halnya ponsel Android, tablet Android juga hadir dalam segala bentuk dan ukuran. Ini dapat berkisar dari layar 7-inci dari Asus buatan Google Nexus 7 untuk menampilkan layar yang jauh lebih besar, seperti layar 10-inch bisa kita temukan pada Nexus 10 .

Beberapa tablet Android yang lebih tua; seperti aslinya Samsung Galaxy Tab, meluncurkan dan menjalankan Android 2.2 Froyo - versi Android yang dirancang untuk ponsel, sementara Android 3.0 Honeycomb adalah rilisan pertama dari OS khusus untuk tablet.

Tablet Android lama yang tidak berjalan pada 3.0 Honeycomb tidak bisa mendapatkan keuntungan dari hal-hal seperti aplikasi desain ulang YouTube, widget ditingkatkan dan aplikasi tablet-spesifik tertentu seperti SwiftKey untuk Tablet .

Fragmentasi ini antara ponsel Android dan tablet dihilangkan dengan peluncuran Android Ice Cream Sandwich, yang dirancang untuk beroperasi di kedua jenis perangkat dan skala yang sesuai. Android Jelly Bean memperkenalkan sejumlah perbaikan untuk kedua smartphone dan pengalaman tablet lebih seperti ICS (Ice Cream Sandwich) dan tren dengan rilis terbaru, Android 7.0 Nougat, yang membawa fitur seperti dukungan layar split pada meja.

Apakah meng-update Android itu berbayar?
mengupdate Android adalah gratis baik itu untuk men-download dan menginstal. Setiap kali kita mengupdate android maka akan membawa sejumlah fitur dan perubahan perubahan baru pada Android kita. Umumnya, setiap kita mengupdate android, maka kecepatan dan keseluruhan kinerja Android diperbaiki.

Sebagian besar ponsel Android high-end yang dijadwalkan untuk menerima update pertama kali. Kebanyakan ponsel Android akan memiliki minimal satu update selama siklus pemakaian mereka, 

Bagaimana cara mendapatkan update?

update Android biasanya diterima secara OTA (Over The Air), yang dikirim langsung melalui pemberitahuan pada ponsel Android Kita tanpa perlu menggunakan komputer. Biasanya, setelah ponsel Android atau tablet mendapatkan upgrade, Kita akan melihat pemberitahuan di bar di bagian atas layar.

Kita kemudian akan diminta untuk terhubung ke WiFi untuk menghindari menimbulkan biaya data update yang cukup besar dan men-download melalui koneksi data seluler tidak disarankan karena dapat mengakibatkan biaya data yang cukup mahal.

Proses update umumnya melewati satu tahap dan relative cukup mudah, tetapi dalam beberapa kasus, Kita mungkin perlu untuk membackup / menyimpan terlebih dahulu beberapa media (foto, film, musik) atau aplikasi yang telah diunduh sebelum kita memperbarui versi.

Bagaimana saya bisa mengubah tampilan dan nuansa dari desktop ponsel Android saya?

ponsel Android  seperti halnya Huawei, LG dan Samsung all sport memiliki tampilan yang sangat berbeda dan merasa untuk stock Android ditemukan pada ponsel Nexus Google sendiri. Itu karena masing-masing produsen cenderung untuk menambahkan mereka overlay software sendiri untuk Android, yang dikenal sebagai 'launcher', yang mengubah desain dari destop, logo aplikasi dan sebagainya.

Apakah Google membuat ponsel Android?

Meskipun Google adalah sebagai pemilik OS (Android),  namun perusahaan tersebut belum membuat smartphone, Google hanya bermitra dengan berbagai produsen handset selama bertahun-tahun untuk membuat merek smartphone di bawah nama 'Nexus'.
Smartphone android buatan mitra Google
[Dari kiri ke kanan] 1.Google Nexus One (HTC) ,  2.Google Nexus S (Samsung) ,  3.Samsung Galaxy Nexus ,  4.Google Nexus 4 (LG) ,  5.Google Nexus 5 (LG) ,  6.Google Nexus 6 (Motorola) , 7.Google Nexus 5X (LG ) , 8.Google Nexus 6P (Huawei).
Ponsel Google Nexus Google biasanya adalah yang pertama untuk menerima update terbaru dan dianggap unggulan ponsel Android.

Baca Selanjutnya:  11 Kode Pengoperasian Ponsel Android

0 Response to "Apakah Android dan Ponsel Android itu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel